1000 Lebih Mahasiswa Baru Memeriahkan GOM FT 2015

GOM (Grand Opening Mentoring) merupakan salah satu acara besar di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dapat dikatakan bahwa GOM merupakan pengenalan mentoring di Fakultas Teknik. Tentunya kita semua tahu kan apa itu mentoring??

GOM FT 2015

GOM FT 2015

Yap, mentoring adalah sarana tarbiyah yang di dalamnya ada proses belajar dan berfokuspada pembentukan karakter serta kepribadian Islami peserta mentoring. Dilakukan dengan pendekatan saling nasehat-menasehati yang didalamnya terdapat rasa saling mempercayai satu sama lain antara pementor dan mentee. Arti saling nasehat-menasehati di sini bertujuan untuk kebaikan dan dilakukandengan cara mengikuti apa-apa yang dicintai Allah.

GOM FT 2015

Peserta GOM FT 2015

GOM FT 2015 telah dilaksanakan pada Ahad, 6 September 2015 di Gedung Prof. Soedharto, S.H. dan dihadiri oleh lebih dari 1.000 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dan diisi oleh pembicara-pembicara hebat dan luar biasa menginspirasi.

Acara ini dimulai dengan tilawah Al Quran dan sambutan-sambutan. Ada 3 sambutan, yaitu dari Ketua Pelaksana GOM FT 2015 saudara Nur Hasan Najibullah, Pembina Izzati Bapak Prof. Abdullah dan Pembantu Dekan III Bapak Dr. Ing. Asnawi Manaf yang sekaligus menbuka resmi acara GOM FT 2015. Selesai sambutan dilanjutkan dengan pemutaran video opening yang berisi opini dan kesan pesan dari para mahasiswa berpengaruh di Fakultas Teknik untuk mengajak para peserta mengikuti mentoring di kampus. Fakultas Teknik memang memiliki segudang manusia hebat.

GOM FT 2015

Bapak PDIII FT Dr. -Ing. Asnawi Manaf, S.T.

GOM FT 2015

Pembina Izzati – Prof. Abdullah

Materi pertama disampaikan oleh Ust. Solikhin Abu Izzuddin. Beliau menyampaikan semangat-semangat tentang perjuangan yang dapat dilihat dari bukunya From Zero to Hero. Beliau juga menyampaikan tentang manfaat-manfaat mengikuti mentoring di Kampus, tentang pergaulan buruk yang dapat menimpa mahasiswa dan remaja usia kita, dan lain sebagainya. Di sini, Ust. Solikhin lebih ke arah penyampaian materi dan penyemangat. Acara dilanjutkan dengan talkshow oleh mas Ahlan Zulfakhri, Wakil Ketua BEM Undip 2011 (Teknik Perkapalan 2007) dan mas Afandi Rahmat Aris, Wakil Ketua BEM Undip 2015 (Teknik Industri 2011) yang sama-sama membahas tentang cara beradaptasi di kampus.

Bedanya dengan materi pertama, di sesi ini lebih banyak tanya jawab dan narasumber banyak menceritakan pengalamannya selama mengikuti mentoring dan mengukir prestasi di kampus. Lebih ke arah pemberian semangat dan cerita di balik kesuksesan mereka.

Selanjutnya adalah acara “pengenalan Rohis”. Diputarkan video Profile Company dari Izzati dan FKMI yang berisi tentang tugas-tugas dan kegiatan yang ada di dalamnya, serta penampilan masing-masing mas’ul Rohis jurusan. Tentu saja sangat keren dan menggugah rasa untuk menjadi bagian dari manusia-manusia hebat yang ikut mentoring.

Dalam rangkaian acara GOM FT 2015 juga terdapat Mentoring Award sebagai apresiasi BPMAI FT (Badan Pengelola Mentoring Agama Islam Fakultas Teknik) kepada PMJ (Pengelola Mentoring Jurusan) maupun kepada pementor. Berikut adalah hasil Mentoring Award,

Pementor Ikhwan Terbaik

D3 : Damar Kismoyo W.  (D3 Teknik Kimia)

S1 : Bilal Teguh Prabowo (S1 Teknik Kimia)

 

Pementor Akhwat Terbaik

D3 : Ekanisa (D3 TeknikKimia)

S1 : Alien (S1 TeknikKimia)

 

PMJ Terbaik

Departemen Mentoring Al Fikri Teknik Kimia

 

Peserta Terbaik GOM FT 2015

Rezky (Teknik Mesin)

 

Jurusan Terbaik GOM FT 2015

Teknik Sipil

GOM FT 2015

GOM FT 2015

Antusiasme peserta terhadap materi dan acara GOM terbilang cukup tinggi. Mereka sangat bersemangat saat diminta untuk meneriakkan jurusannya masing-masing dan jargon GOM FT 2015. Selain itu, seluruh peserta yang hadir dapat bertahan kuantitasnya dari awal sampai akhir.

GOM FT 2015

Pelantikan Pementor Baru FT

GOM FT 2015 ditutup dengan pembacaan ikrar pementor baru yang berbaris di atas panggung, dipimpin oleh Bapak Asnawi selaku Pembantu Dekan III.

Pementor inilah yang ke depannya memegang tongkat estafet mentoring di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Semangat selalu, kawan.

Yuk, ikut mentoring. Mentoring, Joss tenan!

Leave a Reply