LET’S PREPARE FOR RAMADHAN

10479436_975407192492033_4609497329328526670_n

Senin, 1Juni 2015 seperti biasa IZZATI Fakultas Teknik melaksanakan Katalisator bertempat di Masjid Baitul ‘Ilmi Fakultas Teknik pada kesempatan itu “Let’s Prepare for Ramadhan” adalah tema yang akan diperbicangkan. Kata Ramadhan identik dengan kata Puasa, karena bulan ramadhan adalah bulannya puasa.Puasa dapat di definisikan dengan menahan diri dari sesuatu, seperti yang dijelaskan dalam QS. Maryam ayat 26.

Tidak semua orang dapat atau diperbolehkan berpuasa, karena hanya orang-orang tertentu yang dikenakan wajib berpuasa yaitu, orang Islam, orang yang sudah dewasa (baligh), tidak gila, khadzir (tidak bepergian), tidak sedang berhalangan (bagi wanita). Maka bagi orang-orang tersebut wajib berpuasa, apabila seseorang meninggalkan puasa tanpa udzur syar’i,  maka dia tidak dapat menggantinya dengan puasa seumur hidup. Pada dasarnya diterimanya amal adalah yang niat karena Allah karena banyak yang berpuasa tetapi niat tidak karena Allah. Orang yang berpuasa insyaAllah tidak akan dimakan api neraka asalkan puasanya karena Allah ta’ala.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, seeorang harus menyiapkan fisik dan ilmunya, karena disini adalah kesempatan, dimana Allah membukan besar-besar pintu maghfirah dan rahmat . Akan sangat sia-sia jika seorang tidak memiliki ilmu dan fisik yang kuat dalam menyambut bulan Ramadhan. Penyambutan bulan Ramadhan ini harus sudah dibentuk suasananya sebelum Ramadhan tiba,yaitu dengan membentuk dalam suasana kebatinan. Maka dari itu mari kita persiapkan diri dengan mensucikan hati dan pikiran kita masing-masing dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesempatan untuk dapat berpuasa di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa minggu lagi.

Leave a Reply